Tim Prabowo-Sandiaga Menepis Tudingan Penguasa Tanah

Tim Prabowo-Sandiaga Menepis Tudingan Penguasa Tanah.
Tim Prabowo-Sandiaga Menepis Tudingan Penguasa Tanah.
Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menampik tudingan bahwa dua jagoannya sebagai pengusaha hitam yang menguasai tanah masyarakat. Sebelumnya, Prabowo dan Sandi disebutkan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago, sebagai bagian dari penguasa tanah-tanah atas dasar latar belakang sebagai pengusaha.

“Ya Pak Prabowo dan Bang Sandi memang background-nya pengusaha ya, tapi pengusahanya bukan pengusaha hitam yah, melanggar aturan hukum,” ucapnya Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade menanggapi pernyataan Irma tersebut saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Rabu (26/9).

“Pak Prabowo dan Bang Sandi tidak ada yang melanggar aturan hukum dan merugikan masyarakat. Kok begitu pakai diurus sama mbak Irma, kayak enggak ada isu lain,” pungkasnya menambahkan.

Dalam sejumlah orasi politiknya, Prabowo memang kerap menyinggung Indonesia dalam keadaan terancam. Menurutnya, hal itu disebabkan kekayaan alam yang dikuasai asing. Prabowo juga menyebut hanya segelintir orang yang menguasai tanah di Indonesia.



Andre mengaku heran dengan komentar yang dikeluarkan Irma soal kepemilikan tanah Prabowo maupun Sandi. Andre menyatakan pernyataan Irma, yang juga politikus NasDem itu tidak bermutu dan telah merusak komitmen kampanye damai.

“Katanya mau kampanye damai, festival adu gagasan, adu program, kok aneh kubu sebelah menyerang ranah pribadi gitu. Kemarin ada skandalsandiaga.com, sekarang kubu sebelah nyerang ranah pribadi, kan aneh, narasi yang dibangun kubu sebelah tidak sesuai faktanya,” kata dia.

Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terbaru, Prabowo tercatat memiliki total harta R1,9 triliun. Harta kekayaan Prabowo dalam bentuk tanah dan bangunan senilai Rp230.443.030.000, yang tersebar di Jakarta maupun Bogor, Jawa Barat.

Di satu sisi, Sandi pernah menjabat sebagai manajer investasi Seapower Asia Investment Ltd. Dia juga pernah bergabung ke MP Holding Limited Group. Selain itu, posisi Executive Vice President NTI Resources Ltd., juga pernah dijabat Sandi.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mendirikan PT Recapital Advisors dan PT Saratoga Investama Sedaya. Selain itu, Sandi juga pernah menjadi ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Sementara itu, mengintip data LHKPN terbaru, Sandi tercatat memiliki total kekayaan Rp5 triliun. Mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu memiliki 15 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Singapura, hingga Amerika Serikat dengan nilai mencapai Rp191.644.398.989.
Juru bicara tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, Irma Suryani Chaniago.

“Yang jelas supaya Mba Irma tahu, kok enggak ada komentar yang lebih bermutu selain ranah pribadi, lagian juga Bang Sandi dan Pak Prabowo merupakan pengusaha yang taat aturan dan tak melanggar hukum,” ujar Andre.

Sementara itu, Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi lainnya, Ferdinand Hutahaean mengatakan pernyataan Irma tersebut adalah bentuk kepanikan lantaran banyak konglomerat yang semakin besar dan menguasai tanah jutaan hektare mendukung dan berada dalam barisan kubu Jokowi-Ma’ruf

“Irma tidak menyampaikan data atas pernyataannya secara jelas. Jadi pernyataan Irma tidak lebih dari kepanikan karena rakyat sekarang tahu bahwa penguasa tanah ada di barisan Jokowi. Padahal mereka menggunakan isu bagi-bagi sertifikat sebagai kampanye,” kata Ferdinand dikonfirmasi terpisah.

Kepala Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat itu menyebut masyarakat bisa melihat total kekayaan Prabowo maupun Sandi dari LHKPN yang mereka serahkan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Ferdinand menyebut Irma hanya melantur soal penguasaan tanah yang dilakukan Prabowo maupun Sandi.

“Adakah di sana (LHKPN) mereka tertulis menguasai lahan jutaan hektare atas korporasi mereka? Tidak ada sama sekali. Jadi kesimpulan bahwa pernyataan Irma itu hanya bagian lain dari mengigau karena ketauan para penguasa tanah di barisan jokowi. Ini membuat mereka demam dan jadi ngigau,” ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Simak Fisi Misi Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga.

Kesehatan Air Teh Untuk Tubuh